Kekhasan Berbasis Budaya Lokal:  Fenomena Desa Semi-Wisata Mulo Gunung Kidul Yogyakarta
search
  • Kekhasan Berbasis Budaya Lokal:  Fenomena Desa Semi-Wisata Mulo Gunung Kidul Yogyakarta

Kekhasan Berbasis Budaya Lokal: Fenomena Desa Semi-Wisata Mulo Gunung Kidul Yogyakarta

Rp80.00

Kepengarangan :

Abdul Rahman Hamid, SH, MH,

Putri Silaturrahmi, M. HSc,

Dr. Asep Suryana, M. Si.

  

Jumlah halaman 1 - 149

Harga Cetak Rp. 80.000

14.8 cm x 21 cm

  

Kontak penulis: 62 813-1642-2675

Penerbit:  PT. BATARI EDU CALYA

Quantity

  Security policy

(edit with the Customer Reassurance module)

  Delivery policy

(edit with the Customer Reassurance module)

  Return policy

(edit with the Customer Reassurance module)

Mulo adalah representasi (sebagian) kondisi masyarakat desa Indonesia dewasa ini. Ia berikhtiar mendiversifikasikan mata pencahariannya: dengan membangun sumber nafkah dari sektor wisata lokal, sambil terus mempertahankan dan melanjutkan penghidupan lamanya yang telah mereka geluti sejak leluhurnya. Kini Mulo—dan sebagian masyarakat desa yang sejenis—telah tumbuh sebagai desa semi-wisata. Sektor wisata telah terbangun di desa ini, justeru dengan menghidupkan tradisi dan adat-istiadat setempat, berbalut dengan komodifikasi keindahan dan anugerah alamnya. Hasilnya ialah geliat sektor ekonomi baru, mendampingi serta memperkaya sektor ekonomi lama yang telah ada sejak lama.

 

Buku ini memotret kehidupan sosial ekonomi Mulo sebagai desa semi-wisata secara mikroskopik. Ia menggambarkan bagaimana tradisi lokal menjadi basis pengembangan wisata di desa tersebut. Juga didiskusikan bagaimana masyarakat setempat menjadikan anugrah alam yang ada (Geosite Ngingrong) sebagai arena wisata, beserta cara pengemasan dan teknik promosinya secara offline maupun online. Selain itu, buku ini tetap memperlihatkan problematika wajah masyarakat desa saat ini. Yakni, fenomena ibu tangguh yang tetap mendidik anak-anaknya secara mandiri, seolah-olah orang tua tunggal; karena sang suami merantau dalam rangka mencari nafkah.

 

Sebagai karya etnografis dengan tujuh topik beragam, buku ini telah mendokumentasikan geliat kontemporer masyarakat desa Indonesia dalam menangkap berbagai peluang sosial ekonomi yang tumbuh di sekitarnya. Ditulis sebagai praktik riset kualitatif pada Program Studi Sosiologi Universitas Negeri Jakarta, mudah-mudahan buku ini dapat memberikan manfaat dalam berbagai sisi. Insya Allah!!!

110 Items
Comments (0)
No customer reviews for the moment.